“Siapakah orang yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyuruh kepada ALLAH SWT, mengerjakan amal shaleh dan berkata yang sesungguhnya; aku termasuk orang yang menyerah diri”. (Q.S. Al Fushilat;33)

Dalam kehidupan pribadi ataupun masyarakat, pendidikan (tarbiyah) menduduki posisi sangat penting, sebab melalui proses pendidikan pribadi seseorang dapat tumbuh dan berkembang secara baik sesuai dengan yang diharapkan. Suatu sistem pendidikan dapat membentuk kepribadian seseorang yang selaras dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang mendasarinya sehingga menjadi kepribadian yang mencerminkan nilai-nilai dan prinsip Islam.

Dalam konteks pembentukan muslim yang beriman dan bertakwa serta berilmu pengetahuan dan teknologi dituntut untuk mengoptimalkan segala potensi yang dimilikinya dalam mendukung proses tersebut sehingga diharapkan perubahan yang terjadi tidak keluar dari rambu-rambu yang telah ditetapkan. Pondok pesantren  sebagai salah satu garda terdepan dalam pembentukan kepribadian seorang insan dan merupakan aset penting masa depan ummat.

Pondok Pesantren Khairul Ummah memahami betul harapan tersebut dan siap membekali para santri untuk mengejar dan merebut kesuksesan dunia-akhirat. Pondok Pesantren Khairul Ummah menyelenggarakan program pendidikan terpadu dengan menekankan pada pembinaan pribadi santri yang sholeh dan sholeha. Sebagai lembaga yang mewadahi dan melakukan aktivitas dibidang keagamaan, Pondok Pesantren Khairul Ummah berusaha melakukan upaya peningkatan kapasitas para santri sebagai sumbangsih bagi terciptanya insan-insan muda yang siap terjun kemasyarakat, dengan kemampuan intelektual, leadership skill, serta kapasitas moral yang baik.

Alhamdulillah begitu besar kepercayaan dan animo masyarakat untuk menitipkan putra putri mereka di Pondok Pesantren Khairul Ummah sehingga jumlah santri setiap tahunnya bertambah seiring dengan bertambahnya SDM guru pengajar Pondok dan Madrasah serta perbaikan dan penambahan sarana prasarana KBM. Sebagai gambaran jumlah santri untuk Tahun Pelajaran 2013/2014 ada sebanyak 841 santri dari tingkat SDIT, MTs dan MA dengan komposisi santri yang berasal dari berbagai daerah di antaranya : Kabupaten INHU, Pelalawan, Kampar, Siak, Kepri, Jambi, Kuansing, Sumbar dan sebagainya.