Pondok Pesantren Khairul Ummah, Berada di Desa Batu Gajah, Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau. Berdiri pada tanggal  17 Juli 1995, didirikan oleh beberapa orang yaitu H. Ruchiyat Saefudin, MBA dan KH. Munashir Jufri, dibawah Yayasan Islam Indragiri (YASIIN). Pimpinan pertama dari tahun 1995 lansung dipegang oleh KH. Munashir Jufri sampai tahun 2005, tahun 2005 sampai saat ini, Pimpinan Pondok Pesantren dipegang oleh KH. Muhammad Mursyid, M.Pd.I. Adapun jenjang pendidikan yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Khairul Ummah adalah :

  • Madrasah Aliyah (Akreditasi A)
  • Madrasah Tsanawiyah (Akreditasi A)
  • Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT)

VISI   :

Menjadi Model sekolah dasar islam yang berkualitas yang menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar serta menjadikan peserta didik yang beriman, berakhlak mulia, cerdas, terampil, mandiri, berwawasan luas serta mampu   berkompetisi sesuai dengan jenjang usianya.

MISI  :

  1. Menghasilkan generasi yang berakhlaq islami dan berprestasi tinggi serta dekat  dengan Al Qur`an dan Sunnah
  2. Membangun kemampuan diri dalam mengenal dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar
  3. Menghasilkan generasi yang mampu berkomunikasi menggunakan bahasa arab dan inggris dengan baik dan benar
  4. Menerapkan 4 H (Head, Heart, Hands,Health) yang siap menghadapi tantangan zaman pada usianya.

Pondok Pesantren Khairul Ummah diselenggarakan dengan memadukan secara integratif nilai dan ajaran islam dalam bangunan kurikulum dengan pendekatan pembelajaran yang  efektif dan pelibatan yang  optimal dan koperatif  antara  guru  dan orang  tua, serta masyarakat  untuk membina karakter dan kompetensi peserta didik.

Kurikulum sekolah islam terpadu berlandaskan kepada kurikulum nasional (DIKNAS) yang diperkaya dengan pendekatan dan isi yang sesuai dengan pijakan filosofis, visi dan tujuan pendidikan islam. Implikasinya, kurikulum SIT memberikan tambahan muatan pada pelajaran agama islam, pelajaran membaca dan menghafal Al-qur’an serta mempertajam kurikulum kepanduan dalam kerangka pembentukan karakter.

Kurikulum pendidikan  SIT merupakan perpaduan antara kurikulum nasional dengan kurikulum pendidikan islam yang meliputi pembelajaran Al-qur’an, Bahasa Arab, dan kepemimpinan kader.

Kurikulum Diknas

Kurikulum ini dimodifikasi sedemikian rupa dan diperkaya dengan nilai-nilai keislaman dan kemelayuan sehingga dapat memenuhi target-target out put siswa yaitu melahirkan siswa yang berprestasi, berakhlaq islami, dekat dengan al Qur’an serta mampu mengenal dan berinteraksi dengan lingkungannya.

  1. Tahsin danTahfizh
  2. Bahasa Arab & Inggris
  3. Pramuka SIT
  4. Pembinaan keislaman
  5. Pembiasaan Adab Islami dan Ibadah(PAIDI)
  6. Kajian Anak Muslim ( KAMUS )

Ekstra Kurikuler

A. Wajib

  1. Pembiasaan Adab Islami  dan Ibadah ( PAIDI )
  2. Pramuka SIT
  3. Renang

B. Pilihan

  1. Tahsin Al Qur’an
  2. Tahfiz
  3. Silat
  4. Melukis dan Mewarnai
  5. Marawis
  6. Nasyid
  7. Ucil(Ustadz/h Cilik)
  8. Dramb Band
  9. Badminton
  10. Futsal
  11. Volly Ball
  12. Sepak bola
  13. Takraw
  14. Tenis Meja