Nonton Bareng Film G30SPKI dilaksanakan pada tanggal 28-09-2017 setelah sholat Isya sampai selesai. Kegiatan ini dihadiri oleh DANDIM Indragiri Hulu KORAMIL Pasir Penyu, Kapolsek Kec. Pasir Penyu, UPTD Pendidikan Pasir Penyu, masyarakat Batu Gajah khususnya dan air molek dan sekitarnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada santri Pondok Pesantren Khairul Ummah Batu Gajah tentang kekejaman PKI (Partai Komunis Indonesia) di negeri ini. KH. Muhammad Mursyid, M.Pd.I selaku Pimpinan Pondok Pesantren Khairul Ummah Batu Gajah dalam kata sambutannya beliau menyampaikan : “Di dalam sejarah, ada sejarah yang sangat kelam pada bangsa ini dan tidak mungkin terlupakan selama Indonesia masih ada. Kalau kita melupakan sejarah yang kelam ini, mungkin saja sejarah itu akan terulang kembali. Sejarah yang sangat kelam itu adalah sejarah bagaimana PKI(Partai Komunis Indonesia) ingin menguasai bangsa ini. Orang-orang PKI(Partai Komunis Indonesia) ingin merubah tatanan hidup pada bangsa ini, salah cara untuk merubahnya adalah dengan cara melenyapkan Islam di Indonesia ini, karna Islam itu tidak cocok dengan ideologi PKI(Partai Komunis Indonesia).” tuturnya.

Didalam Prolog yang disampaikan oleh Letkol Inf. Mujiburrahman Hadi, SE selaku DANDIM Indragiri Hulu, beliau mengatakan : “Bapak Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memerintahkan kepada kita untuk memutarkan Film G30SPKI diseluruh Indonesia, karna pemuturan Film ini sudah 19 tahun tidak diputar, terakhir diputar pada tahun 1998 zamannya Bapak Suharto (Presiden Indonesia ke-2 Republik Indonesia) dilengserkan, Setelah Bapak Suharto dilengserkan Film G30SPKI tidak boleh lagi beredar. Semua itu adalah politik, tujuannya adalah supaya memudarkan fakta sejarah yang terjadi di negara kita. PKI ini memiliki ideologi yang bertentangan dengan Pancasila, PKI ini ingin mendirikan suatu organisasi yang tidak mengakui adanya tuhan, jadi yang paling utama di habisi oleh partai ini adalah para ulama Islam!.”tuturnya.

Semoga dengan diadakannya kegiatan ini, akan membuat masyarakat Indonesia khususnya santri Pondok Pesantren Khairul Ummah Batu Gajah semakin mengetahui fakta sejarah kelam negeri ini mengenai kekejaman PKI(Partai Komunis Indonesia), sehingga para santri Pondok Pesantren Khairul Ummah Batu Gajah lebih berhati-hati terhadap pergerakan PKI(Partai Komunis Indonesia) tersebut.