INDRAGIRI HULU – Pondok Pesantren Khairul Ummah Airmolek menjadi tuan rumah penyelenggaraan kemah ukhuwah ke 3 pramuka sekolah Islam Terpadu se provinsi Riau tahun 2017.

Kegiatan yang diikuti ribuan peserta anggota pramuka dari kabupaten/kota se Riau ini dibuka resmi oleh Bupati Inhu yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Inhu H Ujang Sudrajat dalam upacara pembukaan yang digelar di Halaman Ponpes Khairul Ummah, Rabu (22/2/2017).

Pembukaan kemah ukhuwah ini sendiri ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh H Ujang Sudrajat kepada sejumlah peserta.

“Total, ada sebanyak 1055 peserta yang terdiri dari para anggota dan pembina pramuka  dari tujuh kabupaten/kota diantaranya Kabupaten Kampar, Siak, Bengkalis, Rokan Hulu, Kuantan Singingi, Kota Pekanbaru dan dari Kabupaten Inhu sendiri,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Ghozali.

Kegiatan yang direncanakan akan berlangsung hingga Sabtu, 25 Februari 2017 mendatang , lanjut Ghozali akan diisi dengan berbagai lomba diantaranya lomba pionering, tahfiz, hasta karya, fun game dan hiking.

Secara singkat, Ketua Ponpes Khairul Ummah H Mursyid mengharapkan kegiatan kemah ukhuwah yang telah menginjak tahun ketiga penyelenggaraannya ini dapat menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi diantara seluruh anggota pramuka SIT se Riau.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak termasuk Pemkab Inhu yang turut mendukung penyelenggaraan kegiatan ini. Kepada Ketua SIT regional Sumatra bagian barat Kakak Markum terima kasih telah mempercayakan Kabupaten Inhu sebagai tuan rumah penyelenggaraan kemah ukhuwah tahun ini,” tambah H Mursyid.

Sementara itu, dalam arahannya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Inhu H Ujang Sudrajat sangat menyambut baik dengan penyelenggaraan kemah ukhuwah pramuka ini. Menurutnya, sebagai satu-satunya organisasi kepanduan di Indonesia, gerakan pramuka memiliki beragam sisi positif termasuk dalam rangka membentuk  pembinaan diri generasi muda dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Tujuan ini, lanjut Ujang Sudrajat selaras dengan dinamika yang terarah dari fungsi pendidikan yang telah diterapkan lembaga serta sekolah-sekolah Islam yang berorientasi pada nilai-nilai pembinaan diri dan keagamaan.

“Untuk itu, sejalan dengan tema yang diangkat yakni membentuk pribadi peserta didik yang bertaqwa, tangguh, tangkas dan teguh menatap masa depan, saya berharap kepada adik-adik peserta kedepannya mampu menjadi kaum muda yang bukan hanya mampu menguasai ilmu pengetahuan, akan tetapi menjadi kaum muda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya dalam menatap masa depan yang lebih baik,” ujar H Ujang Sudrajat.

Turut hadiri upacara pembukaan kemah ukhuwah tersebut, beberapa Camat, perwakilan organisasi kepemudaan serta para pengurus gerakan pramuka se Inhu.

Sumber : http://harianriau.co/news/detail/8813/ribuan-pramuka-sit-se-riau-ikuti-kemah-ukhuwah-ponpes-khairul-ummah