Artikel By: Ustadz Soffan Hanif, S.Pd

Nabi Ibrahim as diuji oleh Allah Ta’ala dengan sebuah pengorbanan yang sangat berat yaitu harus mengorbankan sesuatu yang sangat ia cintai, anaknya Ismail as. Nabi Ismail diperintahkan untuk disembelih. Kemudian Allah azza wa jalla ganti dengan seekor kambing.

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يَا بُنَيَّ إِنِّي أَرَىٰ فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرَىٰ ۚ قَالَ يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ ۖ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ

“Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”
(QS. As-Saffat ayat 102)

Syariat ini pun dilanjutkan kepada umat Nabi Muhammad saw. Kita sebagai umatnya diminta untuk mengorbankan apa yang kita cintai yaitu harta kita.

Allah Ta’ala Maha Tahu bahwa manusia sangat cinta dengan hartanya.
Allah berfirman;
وَتُحِبُّونَ الْمَالَ حُبًّا جَمًّا

“dan kamu mencintai harta benda dengan kecintaan yang berlebihan.”
(QS. Al-Fajr ayat 20)

Dalam sebuah keterangan, Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya setiap umat mendapatkan fitnah dan fitnah umat ini adalah harta.” (HR. Tirmidzi)

Hendaknya kita bercermin dari Nabi Ibrahim as yang lulus dengan ujian mengorbankan apa yang Beliau cintai. Maka kita pun semestinya mampu berkorban dengan harta, yaitu dengan cara berqurban.

Apalagi Allah Ta’ala dengan tegas memerintahkan dalam surat al-Kautsar ayat 3 yang artnya :
“Maka shalatlah kamu karena Rabbmu dan menyembelihlan (karena Tuhanmu).”

Sudah sedemikian banyaknya nikmat yang Allah Berikan kepada kita semua. Sudah sedemikian sayangnya Allah azza wa jalla kepada kita.
Bukan hanya harta yang Allah Berikan.
Bahkan kehidupan kita semua adalah karunia-Nya
Semoga kita lulus dalam ujian mengorbankan apa yang kita cintai yaitu harta kita dengan cara berqurban.

Wallahu A’lam

.
.
.
website : www.khairulummah.sch.id
Instagram : @khairul_ummah
Twitter : @PPKUBatuGajah
Facebook : pesantren khairul ummah
Email : officialpp.khairulummah@gmail.com
.
.
Berakhlakul Karimah Unggul Dalam Prestasi”
.

.

#BerakhlakulKarimah #UnggulDalamPrestasi #pesantrendiriau #pesantrentahfidz #santriindonesia #santriberpreatasi #pesantrendiinhu # pesantrenterbaikdiriau #pesantrenterdekat #alumnipesantren #pesantrenterbaik #khairulummah #santrippku

 

Tags: , , , , , , , , , , ,